Langsung ke konten utama

TUTORIAL PENGISIAN KRS ONLINE UNIVERSITAS SAMUDRA LANGSA

TUTORIAL PENGISIAN KRS ONLINE UNIVERSITAS SAMUDRA LANGSA

Asalamualaikm wr wb, untuk para adik-adik semester awal/yang baru masuk kuliah mung sudah mengenal apa itu KRS, bagi yang belum tau berikut sedikit saya jelaskan sedikit apa itu krs. KRS (Kartu Rencana Study) adalah kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan diikuti oleh setiap mahasiswa dalam satu semester. Dalam KRS tercantum data mahasiswa (NPM, Nama, Kelas, Fakultas, Jurusan, Jumlah Semester dan Tahun Akademik yang diikuti), Kode Mata Kuliah, Mata Kuliah, SKS dan Kelas yang diikuti. KRS merupakan bukti seorang mahasiswa aktif pada semester yang bersangkutan dan berfungsi sebagai Kartu Peserta Ujian (KRS wajib dibawa setiap kali mengikuti ujian). Pengisian KRS dilakukan oleh setiap mahasiswa secara langsung Baik manual/Online pada setiap awal semester. Sebelumnya ini adalah system pengisian KRS online Universitas Samudra, Langsa pada saat kuliah dulu tepatnya tahun 2013 sekarang saya tidak tau apakah ada perubahan pada system ini. Tapi lebih kurang seperti berikut ini:
Ok… kita mulai ikuti langkah-langkah yang saya jelaskan dibawah ini.

1. Baca bismillah duluu
2. Jangan Buka facebook dulu apa ge download bokep heheeheh
3. Login ke portal system informasi akademik (SIA) maha siswa di www.sia.unsam.ac.id.
4. Setelah terbuka akan terlihat seperti pada gambar berikut:

Kemudian klik portal maha siawa yang dilingkar merah (1)

5. Kemudian akan terbuka laman login seperti gambar dibawah ini (2), login dengan menggunakan NIM (nomor induk maha siswa ) ada masing-masing sebagai user name dan password nya ingat nim tidak menggunakan ta da titik contoh 0805324xx, bukan 08.05.2.24xx. kemudian klik singin jika anda lupa password karena sudah anda ganti itusih DL (derita looo ) :P Silahkan hub biro...
6. Jika tidak ada yang salah maka selamat anda berhasil dan akan masuk SELAMAT DATANG DIPORTAL AKADEMIK. Untuk maha siswa yang belum registrasi silakan registrasi terlebih dahulu biasanya tu kalau gak slah saya dia di tulisan yang saya garis bawah merah itu :D (3) bias juga klik registrasi pada menu mahasiawa seperti yang saya lingkari kemudian pilih registrasi pada semester berapa anda berada sekarang klik registrasi (4) berikut screen short nya:


7. Bagi yang sudah registrasi silakan langsung untuk mengelola KRS (kartu rencana study) yang akan di ambil pada semester yg bersangkutan ganjil/genap. Kik pengelolaan KRS pada sub menu Mahasiswa (5) kemudian aka nada laman kosong yang berisikan link ambil mata kulyah/set ulang, klik ling tersebut untuk mengambil MK yang akan di isi di krs. Berikut screen shortnya:
Setelah mengklik link ambil mata kulyah/set ulang akan tampak daftar seluruh matakulyah jurusan yang bersangkutan. Silahkan lihat roster anda mata kulyah apa yang akan diambil pada semester yang bersangkutan klik kotak ceklis untuk memilih Mk yang dipilih kemudian jika sudah selesai silahkan simpan/batal (7) . Berikut gambarnya:
8. Setelah kita simpan maka akan tampak laman krs /kartu krs kita (8) jika dilihat ada Mk yang salah dan ingin memperbaikinya silahkan klik ling yang sya garis bawahi warna merah (9) jika sudah benar maka tinggal kita cetak/ simpang klik link cetak yang saya lingkari (10) seperti gambar berikut:
9. Langkah terakhir adalah mencetak/menyimpan Krs setelah kita megklik link cetak tadi pada poin 10 maka akan tampak laman krs kita yang sudah jadi dan tinggal di cetak saja, silakan cetak jika computer anda terhubung dengan printer ataw silakan save untuk mencetak diluar bagi yang tidak memiliki printer. Untuk menyimpan krs dalam bentuk document silakan klik CHANGE yang saya lingkari (11)
Kemudian akan tampak seleq destination klik save as PDF (12) untuk menyimpa dalam format pdf dan silahkan taruh pada partisi mana anda menyimpanya.



SEKIAN DULU PENYAMPAIANYA SEMOGA BERMANFAAN BAGI SELURUH MAHA SISWA/I UNIVERSITAS SAMUDRA LANGSA MOHON MAAF BILA ADA KATA-KATA YANG SALAH/ KURANG JELAS DALAM PENYAMPAIAN INI







Komentar

  1. passwornya dari mna sih?

    BalasHapus
  2. Iya paswordnya dari mana kak ? Bukannya isi KRS sks maksimal 24 ?

    BalasHapus

Posting Komentar