Langsung ke konten utama

LAPORAN PRATIKUM STATISTIK

LAPORAN PRATIKUM STATISTIK 

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Istilah statistik dengan statistika sering dipakai silih berganti meskipun sebenarnya artinya sangat berbeda. Statistika adalah suatu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan. Sedangkan statistik adalah dipakai untuk menyatakan kumpulan data, bilangan maupun non-bilangan yang disusun dalam tabel maupun diagram, yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan. Statistik yang menjelaskan sesuatu hal biasanya diberi nama statistik mengenai hal yang bersangkutan. Demikianlah umpama kita mengenal adanya statistik penduduk, statistik kelahiran, statistik pendidikan, statistik produksi, statistik pertanian, statistik kesehatan dan masih banyak nama-nama lainnya.

Statistik pengamatan jumlah kendaraan disuatu kota adalah suatu cara yang dapat digunakan untuk menjelaskan keadaan jumlah kendaraan yang ada di suatu negara maupun daerah. Pengetahuan tentang jumlah kendaraan disuatu kota  merupakan salah satu masalah di dunia dewasa ini yang selalu berhubungan dengan kebutuhan-kebutuhan hidup yang diperlukan oleh semua umat manusia. Dengan bertambahnya penduduk berarti semakin bertambah pula persaingan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup yang diperlukan. semangkin banyak pula kecelakaan lalulintas yang terjadi semangkin banyak pula terjadinya polusi udara besar – besaran yang bepengaruh pada keadaan bumi kita yang semangkin pana dan gersang akibat pencemaran udarayang mengakibatkan  global worming. Informasi tentang jumlah kendaraan  yang harus tersedia tidak hanya menyangkut keadaan pada waktu sekarang, tetapi juga mengenai data pada masa mendatang. Data untuk jumlah kendaraan pada masa mendatang dibuat perhitungan-perhitungan dan asumsi-asumsi tertentu.
Pertambahan penduduk yang besar dari tahun ke tahun memerlukan tambahan investasi dan sarana untuk menunjang kesejahteraan rakyat, sarana kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Hal ini merupakan masalah yang rumit bagi pemerintah dalam usahanya membangun dan meningkatkan taraf hidup rakyatnya demi menuju masyarakat yang adil dan makmur sehingga tercapailah cita-cita nasional bangsa Indonesia.
Berdasarkan kondisi di atas, Penulis ingin melihat sampai sejauh mana keadaan pengendara bermotor kususnya roda empat (mobil) Di Kota Langsa. Untuk itu penulis mengambil Praktikum tentang data statistik pengendara mobil  Di Kota X

1.2 Maksud dan Tujuan
Seperti yang kita ketahui bahwa maksud dari pengadakan penelitian adalah untuk mengumpulkan, mengolah, serta menganalisa data yang secara sistematis dan efisien untuk memecahkan suatu masalah. Selain itu, maksud dari penelitian adalah untuk mengaplikasikan pengetahuan atau menerapkan ilmu statistik yang di dapat selama duduk di bangku perkuliahan tentang metode dan kegunaan statistik.
Adapun tujuan Penulis dalam melaksanakan penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui keadaan demografi pengendara mobil kota Langsa.
2. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengendara  sebagai bahan masukan atau bahan perbandingan untuk mengambil tindakan yang akan dilaksanakan untuk tahun-tahun mendatang dalam mengatasi pertambahan pengendara serta menyusun perencanaan-perencanaan yang dapat mencapai tujuan utama Kotalangsa.

1.3 Sasaran Yang Ingin Dicapai
Agar mendapatkan data statitik pengendara mobil yang relevan di salah satu lampu lalu lintas yang ada di kota langsa. Sehingga pendata mengetahui jumlah pengendara mobil yang berhenti di salah satu lampu lalu lintas  setiap jam nya.

1.4 Metodologi Praktikum
Metode praktikum adalah suatu cara yang terdiri dari langkah-langkah atau urutan kegiatan yang berfungsi sebagai pedoman umum yang digunakan untuk melaksanakan praktikum sehingga apa yang menjadi tujuan dari penelitian itu terwujud. Metode yang digunakan penulis dalam metode ini adalah:

1. Metode pengambilan data
Metode pengumpulan data dapat dibedakan berdasarkan sumbernya, yaitu:

a. Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumbernya atau individu sendiri, diamati dan dicatat untuk pertama kalinya.

b. Data sekunder yaitu data yang bukan diusahakan sendiri pengumpulannya oleh peneliti tetapi dikumpulkan orang pihak lain. Misalnya dari BPS, majalah, internet, keterangan-keterangan atau publikasi lainnya.

Adapun data yang dibutuhkan untuk penulisan ini merupakan data primer yang dikumpulkan sendiri di Kota langsa yang dilakukan dari Tanggal 3 s/d 8 Januari 2011penulis memilih data primer karena ditugaskan langsung mengamati dan mengambil  sampel jumlah kendaraan yang berhenti pada saat lampu merah menyala

2 Lokasi penelitian
Lampu lalu lintas kota langsa samping mesjid raya di Jalan A. yani 

Laporan STATIKTIK Lengkap Silahkan Download  DISINI

Komentar